16 Juni 2010

Tempat-Tempat Menarik di Jepang

Kyoto (京都市 Kyōto-shi?) adalah kota yang terletak di Pulau Honshu, Jepang. Kota ini merupakan bagian dari daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Kyoto memiliki banyak situs bersejarah dan merupakan ibu kota Prefektur Kyoto.
Ibu kota istana (tojō) bernama Heian-kyō ditetapkan sebagai ibu kota pada tahun 974. Sebagai ibu kota (miyako), Heian-kyō menjadi pusat pemerintahan dan budaya Jepang. Pada masa itu, ibu kota disebut kyō no miyako yang selanjutnya berubah menjadi Kyoto. Di zaman dulu, Kyoto juga disebut Kyōraku, Rakuchū, atau Rakuyō. Penamaan seperti ini mengikuti kebiasaan di Tiongkok.

Akō (赤穂市 Akō-shi?) adalah kota di Jepang yang terletak di tepi Laut Pedalaman Seto tepatnya di ujung barat daya Prefektur Hyogo. Kota Akō merupakan kota tujuan wisata terkenal dengan objek pariwisata seperti Istana Akō (latar belakang kisah 47 ronin), kota pelabuhan Sakoshi, dan Taman Nasional Tanjung Misaki.
Kota Akō terkenal sejak dulu sebagai pusat industri garam dapur berkualitas tinggi. Garam dapur yang dihasilkan tambak garam di kota Akō terkenal di Jepang dengan sebutan Garam Akō (Akō no shio). Pantai Akō merupakan tempat mengumpulkan kerang. Di awal musim panas, pantai Akō ramai dikunjungi orang yang gemar makan kerang.
Pipa air minum dasar laut yang terpanjang di Jepang (total panjang 14 km) menyalurkan air minum dari kota Akō ke Kepulauan Ieshima.
ang memiliki ibu kota di Rakuyō (Luoyang)


Menara Tokyo (東京タワー Tokyo Tower?)
adalah sebuah menara di Taman Shiba, Tokyo, Jepang. Tinggi keseluruhan 332,6 m dan merupakan bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak sendiri di permukaan tanah. Berdasarkan peraturan keselamatan penerbangan, menara ini dicat dengan warna oranye internasional dengan warna putih di beberapa tempat. Bangunan sekelilingnya lebih rendah, sehingga Menara Tokyo bisa dilihat dari berbagai lokasi di pusat kota.
Menara Tokyo terkenal sebagai simbol kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsinya sebagai menara antena pemancar TV analog (UHF/VHF), TV lokal digital, dan radio FM. Selain itu, perusahaan KA East Japan Railway menggunakan menara ini untuk meletakkan antena radio sistem darurat kereta api, dan sejumlah instrumen pengukuran dipasang oleh Kantor Lingkungan Hidup Metropolitan Tokyo.

Gifu (岐阜市 Gifu-shi?) adalah kota di Jepang yang terletak di bagian tengah-selatan Prefektur Gifu, dan berkedudukan sebagai ibu kota prefektur. Kota ini berperan penting dalam sejarah Jepang karena letaknya yang strategis di Jepang bagian tengah. Pada zaman Sengoku, wilayah Gifu dijadikan markas para samurai pemimpin perang, termasuk Saitō Dōsan dan Oda Nobunaga yang berusaha menjadi pemersatu Jepang.
Setelah Jepang bersatu, Gifu sepanjang zaman Edo terus berkembang dan makmur sebagai kota penginapan (shukuba) di jalur Nakasendō. Kawasan Kanō-juku waktu itu merupakan kawasan yang penuh dengan rumah-rumah penginapan. Gifu selanjutnya dikenal sebagai pusat industri busana karena memiliki banyak perusahaan konfeksi. Kota ini dulunya pernah berada di bawah administrasi Distrik Atsumi sebelum Pemerintah Jepang menetapkannya sebagai kota inti.
Kota Gifu terletak di dataran rendah aluvial Sungai Nagara yang subur. Penduduk Gifu sejak zaman dulu sudah mengandalkan sumber daya alam kawasan sekeliling tempat tinggal mereka sebagai sumber penghasilan. Gifu merupakan pusat industri kertas tradisional Jepang (mino washi) dan produk-produk pertanian. Di bidang pariwisata, Gifu terkenal dengan atraksi "memancing dengan burung kormoran" di Sungai Nagara. Di tengah kota menjulang Gunung Kinka yang merupakan simbol kota sekaligus tujuan wisata andalan Kota Gifu. Di puncak gunung terdapat Istana Gifu yang dibangun sebagai replika istana Oda Nobunaga.
Dua jalur kereta api utama menghubungkan kota ini dengan infrastruktur transportasi nasional dan internasional. Kereta api JR Central yang beroperasi di Jalur Utama Tōkaidō berhenti di Stasiun Gifu, dan menghubungkan Stasiun Gifu dengan Nagoya dan kota-kota lain yang berdekatan. Kereta api ekspres Meitetsu menghubungkan Gifu dengan Bandar Udara Internasional Chūbu Centrair.
Gifu memiliki hubungan aktif dengan enam kota kembar. Di kota ini terdapat pusat-pusat konvensi sebagai tempat penyelenggaraan konferensi internasional.


Kota Naruto (鳴門市 Naruto-shi?
) adalah sebuah kota di Jepang yang terletak di ujung timur laut Prefektur Tokushima. Kota ini berada di sebelah barat Selat Naruto, tepatnya di ujung timur Pulau Shikoku. Wilayah kota juga mencakup tiga buah pulau, yaitu Ohgejima, Takashima, dan Shimada.
Di seberang Selat Naruto terdapat Pulau Awaji. Jembatan Ohnaruto yang membentang di atas Selat Naruto menghubungkan Kota Naruto dengan Kota Minami Awaji di Pulau Awaji. Di perairan laut Selat Naruto terdapat objek wisata Pusaran Air Naruto.
Kota Naruto merupakan pintu gerbang ke Pulau Shikoku. Jalan bebas hambatan Kobe-Awaji-Naruto yang melewati Pulau Awaji menghubungkan Kota Naruto dengan Kota Kobe serta kota-kota lain di wilayah Kansai.
Pariwisata
Kota Naruto merupakan kota pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Di dekat Jembatan Ohnaruto terdapat Taman Naruto dengan pemandangan ke Selat Naruto dan sebagian Laut Pedalaman Seto.
Di kota ini terdapat bekas kamp penampungan orang Jerman yang dijadikan tawanan perang sewaktu Perang Dunia I. Di kamp penampungan ini, Simfoni No. 9 karya Ludwig van Beethoven dimainkan untuk yang pertama kalinya di Jepang.
Di Distrik Ōsachi terdapat Kuil Reisan-ji yang merupakan tempat yang pertama kali harus dikunjungi sewaktu melakukan wisata ziarah Shikoku. Sepanjang tahun di Kota Naruto bisa dilihat sosok orang berpakaian serbaputih yang sedang berziarah.
Ekonomi
Selain pariwisata, sektor andalan Kota Naruto adalah industri garam dan perikanan. Ubi jalar Naruto kintoki dan rumput laut merupakan produk pertanian asal kota Naruto yang terkenal di seantero Jepang.
Untuk kegunaan lain dari Osaka, lihat Osaka (disambiguasi).


Istana Osaka

Kota Osaka (大阪市 Ōsaka-shi?) adalah kota ketiga-terbesar di Jepang, dengan populasi 2,7 juta orang.
Kota ini terletak di pulau Honshu, di mulut Sungai Yodo di Teluk Osaka. Kota ini adalah salah satu pusat industri dan pelabuhan utama, dan juga ibukota Prefektur Osaka dan bagian pusat dari daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Di sebelah timur, Osaka bertetangga dengan Kyoto dan Nara, dan di sebelah barat dengan kota Kobe. Osaka merupakan bagian dari wilayah Kansai.
Osaka merupakan sebuah metropolis air, dengan sungai-sungainya dan jumlah jembatan terbanyak di Jepang sampai tidak terhitung jumlahnya. Menurut orang Jepang, ada "808 bangunan jembatan" di Osaka. Konon bagi orang Jepang, angka "808" merupakan jumlah yang sangat banyak, dan sama artinya dengan tidak terhitung. Sebenarnya jumlah jembatan yang ada di Osaka adalah 790, di antaranya, 761 jembatan yang dikelola oleh pemerintah kota Osaka.
Ada dua pusat kota di Osaka, yakni Umeda di sebelah utara, dan Namba di sebelah selatan. Kedua pusat kota ini dihubungkan oleh jalan utama yang bernama Midosuji. Kantor-kantor perdagangan, bank, dan konglomerat Jepang umumnya terpusat di sekitar Jalan Midosuji. Pemandangan Jalan Midosuji dengan daun-daun pohon Ginkgo yang menguning di musim gugur sangatlah indah.
Yokohama (横浜市 Yokohama-shi?) adalah ibu kota Prefektur Kanagawa, Jepang. Kota ini terletak di wilayah Kanto, Pulau Honshu. Yokohama dihuni 3,6 juta penduduk dan merupakan kota terbesar nomor dua di Jepang setelah Tokyo.
Kota ini merupakan kota pelabuhan yang berkembang pesat setelah Jepang membuka diri dari politik isolasi di akhir abad ke-19. Pelabuhan Yokohama merupakan pelabuhan utama di Jepang bersama-sama dengan pelabuhan lain di kota Kobe, Osaka, Nagoya, Hakata, Tokyo and Chiba.
Prefektur Wakayama adalah sebuah prefektur di Jepang yang berada di sebelah barat Semenanjung Kii. Ibu kota di Wakayama.
Dalam pembagian provinsi zaman dulu di Jepang, prefektur ini disebut Provinsi Kii, dan sebagian besar wilayah Prefektur Wakayama adalah wilayah Provinsi Kii. Pada zaman Edo, wilayah ini disebut Domain Kishū yang dikuasai oleh salah satu dari tiga keluarga Tokugawa yang disebut keluarga Tokugawa Kishū.
Sejak zaman kuno, Wakayama disebut "negeri pohon" karena daerah ini dipenuhi hutan dan gunung (sekitar 70% merupakan kawasan pegunungan). Lembah dan pegunungan Prefektur Wakayama merupakan lokasi kuil-kuil Buddha dan Shinto yang penting, termasuk Gunung Kōya dan Tiga Kuil Shinto Kumano. Gunung Kōya adalah pusat agama Buddha sekte Shingon
Prefektur Wakayama bagian utara yang berpusat di Kota Wakayama termasuk ke dalam Kawasan Industri Hanshin. Di bagian pesisir merupakan pusat industri berat seperti pabrik baja dan kilang minyak. Bagian tengah Prefektur Wakayama banyak terdapat kebun jeruk manis (Citrus unshiu atau mikan). Produk pertanian terkenal lainnya yang terkenal dari Wakayama adalah jeruk hassaku (Citrus hassaku), buah Prunus mume, dan kesemek. Perkebunan Prunus mume (ume) terutama berada di sekitar Tanabe.
Istana Himeji (bahasa Jepang: 姫路城, Himeji-jō) adalah sebuah istana yang terletak di kota Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Menurut pembagian provinsi zaman dulu, istana ini terletak di Harima-no-kuni, Shikito-gun, Himeji. Pesona keindahan plesteran berwarna putih yang mendominasi tembok-tembok istana menjadikan Istana Himeji mempunyai sebutan lain "istana burung kuntul putih" (bahasa Jepang: 白鷺城, Shirasagi-jō). Istana Himeji merupakan salah satu contoh peninggalan arsitektur istana dari awal abad ke-17 yang paling penting.
Istana Himeji selalu luput dari bahaya api peperangan dan selamat dari kejatuhan istana di tangan musuh, sehingga menara utama dan bangunan-bangunan istana lainnya masih banyak yang tersisa. Pemerintah Jepang menetapkan 8 bangunan, antara lain menara utama, menara kecil, dan Watari-yagura yang ada di dalam kompleks istana sebagai pusaka negara. Selain itu, berjenis-jenis bangunan dengan total 74 bangunan di dalam kompleks istana (27 bangunan Yagura/Watari-yagura, 15 bangunan pintu gerbang, 32 bangunan tembok) ditetapkan sebagai warisan budaya yang penting.
Istana Himeji dinilai sebagai peninggalan budaya milik dunia yang sangat berharga, sehingga pada tahun 1993 UNESCO memasukkan Istana Himeji ke dalam daftar Situs Warisan Dunia untuk kategori warisan budaya.
Dari kejauhan terlihat indah dengan tembok-tembok istana berwarna putih, Istana Himeji sering dijadikan lokasi film dengan latar belakang sejarah Jepang zaman dulu. Istana ini juga sering dipakai sebagai lokasi pengganti untuk istana-istana lain seperti Istana Edo.

Prefektur Tottori (鳥取県 Tottori-ken?) adalah prefektur Jepang yang terletak di bagian timur laut wilayah Chugoku, tepatnya sebelah timur daerah San-in di pulau Honshu. Prefektur Tottori mempunyai jumlah penduduk yang paling sedikit di antara semua prefektur di Jepang. Ibu kota di kota Tottori yang dulunya berkembang dari kota sekeliling Istana Tottori
Produk pertanian kebanggaan Prefektur Tottori adalah buah pir Nijisseiki yang terkenal di seluruh Jepang karena rasanya yang sangat enak. Produk pertanian lain yang terkenal seperti buah pir jenis Kōsui, nagaimo, lokyo, daun bawang dan semangka.
Guguk pasir Tottori merupakan objek wisata paling terkenal di Prefektur Tottori.

Wakayama (和歌山市 Wakayama-shi?) adalah ibu kota Prefektur Wakayama, Jepang. Kota ini terletak di sebelah selatan wilayah Kinki. Pada zaman Edo, kota ini merupakan ibu kota istana Domain Kishū yang diperintah keluarga Tokugawa Kishū.
Kota Wakayama merupakan kota utama di Prefektur Wakayama. Luas kota sekitar 4% dari keseluruhan luas prefektur, dan ditinggali oleh 40% dari total penduduk prefektur. Kota ini telah ditetapkan sebagai salah satu kota utama di Jepang.

Distrik kota Arakawa (荒川区 Arakawa-ku?) adalah salah satu dari 23 distrik istimewa yang berada di Tokyo timur laut, Jepang. Tokyo adalah sebuah prefektur sehingga kedudukan distrik kota sama dengan sebuah kota. Nama kota ini berasal dari nama sungai yang mengalir di timur laut kota, yakni Sungai Arakawa yang sejak tahun 1964 disebut Sungai Sumida.
Pulau Okinawa (沖縄本島 Okinawa-hontō, atau 沖縄島 Okinawa-jima) adalah pulau terbesar di Kepulauan Okinawa sekaligus di Kepulauan Ryukyu, Jepang. Kota Naha ibu kota Prefektur Okinawa berada di Pulau Okinawa. Pulau ini luasnya 1.201,03 km2 dan jaraknya kira-kira 640 km sebelah selatan pulau-pulau utama Jepang. Okinawa adalah tempat kelahiran olahraga bela diri karate.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar